Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Posted by Sewa Kereta di Padang Indonesia on Selasa, 11 Februari 2020

PDIKM - Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Bagi anda yang hendak berlibur ke Sumatera Barat pastinya mencari informasi penting tentang tempat - tempat wisata menarik tentunya, salah satunya PDIKM - Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, yang merupakan salah satu museum di Sumatera Barat yang terletak di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Museum ini merupakan penyimpanan berbagai informasi tentang kebudayaan Minangkabau baik berbentuk dokumentasi audio maupun visual. Museum ini sangat mudah ditemukan, dimana akses dari jalur utama jalanan Padang - Bukittinggi yang berjarak sekitar lebih kurang dua kilometer dari Pusat Kota Padang Panjang.

Sejarah Berdirinya PDIKM

Pendirian PDIKM - Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau, dilatar belakangi adanya asumsi bahwa masyarakat Minangkabau tidak memiliki bukti-bukti sejarah tertulis yang baik, dikarenakan orang minang terbiasa dengan budaya tutur yang diturunkan turun temurun, pada kenyataannya memang dokumentasi tentang Minangkabau lebih banyak ditemui di luar Minangkabau. Dengan pertimbangan untuk melestarikan dan mendekatkan dokumen tentang kebudayaan minangkabau dengan orang Minangkabau itu sendiri, Mantan Menteri Koperasi Republik Indonesia pada orde baru, Bustamil Arifin berinisiatif untuk mendirikan sebuah lembaga non-profit berupa wadah untuk menghimpun berbagai dokumen dan informasi tentang kebudayaan Minangkabau. Abdul Hamid yang merupakan seseorang hidup mengabdi di pendidikan di Sumatera Barat, diminta perhatiannya untuk menjajaki didirikannya lembaga ini, dan kemudian pada 8 Januari 1988 didirkanlah Yayasan Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (YDIKM).

Untuk mencapai tujuannya, YDIKM mendirikan sebuah wadah yang diberi nama Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). PDIKM itu sendiri bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kebudayaan Minangkabau dan mengumpulkan berbagai macam literatur dan dokumentasi audio dan visual, seperti merekam berbagai peristiwa adat dalam bentuk film dan video, merekam lagu-lagu tradisional, hingga membuat duplikat alat-alat musik tradisional. Pada tanggal 08 Agustus 1988 dilakukan peletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan PDIKM  di Padang Sarai, Kelurahan Silaing Bawah. Bangunan PDIKM didirikan di atas tanah seluas 2 Ha dengan arsitektur mengikuti bentuk Rumah Gadang, dan diresmikan pemakaiannya pada tanggal 19 Desember 1990. Sejak itu telah terkumpul 3.000 lebih dokumen lama tentang Minangkabau baik dalam bentuk reproduksi buku, naskah, kliping koran, foto maupun mikrofilm, kebanyakan terbitan sebelum tahun 1945, sebagian diantaranya masih berbahasa Belanda dan Arab Melayu.
Sumber : Wikipedia

Bagi Akak dan Abang yang hendak melancong ke Padang Indonesia, Kami Syarikat Sewa Kereta Padang Bukittinggi Indonesia, menyediakan pelbagai jenis Kereta, Van, Bas Persiaran, dan Pakej Percutian Padang dengan pemandu muslim yang berpengalaman dan profesional. Destinasi Wisata PDIKM - Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau memang selalu di lawat bagi para pelancong yang hendak bercuti ke padang indonesia.

Blog, Updated at: 04.02

0 komentar:

Posting Komentar

HUBUNGI KAMI SEWA KERETA PADANG

HUBUNGI KAMI :
JL. Dr. M. Hatta,
Bariang Indah No.21
Padang 25151

Phone : 0812 660 4488
WhatsApp : (+62) 812 660 4488
E-mail : mail.rikiaprius@gmail.com



PEMBAYARAN VIA TRANSFER



BANK BCA Cabang Padang
Nomor Rekening: 032-1772-551
Atas Nama: Riki Aprius



BANK MANDIRI Cabang Padang
Nomor Rekening: 111-000-670-618-4
Atas Nama: Riki Aprius